5 Prinsip Dasar Logo yang Efektif

0
215


5 Prinsip Dasar Logo yang Efektif

1. Logo Harus Sederhana

 

Kesederhanaan merupakan kriteria utama dalam sebuah logo. Logo yang menggunakan elemen bentuk serta warna yang sederhana akan mudah diingat, dikenal, dan serbaguna. Ketika Anda membuat sebuah logo, Anda juga harus mempertimbangkan bagaimana logo tersebut akan digunakan di media lain.

Pertimbangkan pula jika diperkecil hingga skala tertentu masih dapat terbaca dengan jelas atau tidak. Apabila Anda ingin menggunakan logo di media digital seperti website, perhatikan keserasian logo tersebut dengan tampilan website Anda.

 

2. Logo Harus Mudah Diingat

 

Seperti halnya logo-logo terkenal dunia yang selalu konsisten dalam branding dengan desain logo yang minimalis namun kuat dalam mencitrakan perusahaannya. Karena sebuah logo minimalis yang unik, akan mudah menarik perhatian dan diingat konsumennya.

 

3. Logo Harus Bertahan Lama

 

Logo Coca Cola dengan ciri khas lettering meliuknya benar-benar berhasil dalam membangun brand untuk produk minuman bersoda ini. Konsisten dari awal tahun 1886 menggunakan lettering “COCA COLA” , hingga sampai saat ini logo tersebut semakin dikenal di berbagai belahan dunia.

 

Begitu juga bagi Anda yang ingin mendesain sebuah logo harus memikirkan masa depan perusahaan. Jangan sampai perkembangan tren desain yang cepat berubah ini, akan menggoyahkan tampilan logo Anda dan membawa dampak negatif citra perusahaan. Seperti logo Instagram yang belakangan ini dibicarakan, karena dinilai penggemarnya logo saat ini sangat buruk, dengan tampilan yang full color. Padahal penggantian logo bertujuan untuk tampil lebih modern.

 

4. Logo Harus Serba Guna

 

Logo efektif harus mampu dan mudah digunakan dalam berbagai media dan aplikasi. Seperti logo yang menggunakan gradasi warna, transparan warna, maupun berbentuk 3 dimensi logo, akan sulit jika diaplikasikan ke media cetak. Untuk itu logo yang baik harus mampu bertransformasi ke dalam bentuk sederhana, yaitu hitam putih.

Karena ada beberapa logo yang terlihat baik di media digital seperti website, terlihat buruk ketika dipasangkan di media cetak misalnya kartu nama, kop surat, dll.

 

5. Logo Harus Sesuai

 

 

Toys R Us, World Wildlife Federation dan Amazon adalah contoh desain logo yang mampu menerjemahkan produk/jasa dalam bentuk tampilan grafis. Hal ini merupakan bagaimana logo Anda mampu membaca target pasar dari produk Anda. Apakah ditujukan untuk anak-anak, dewasa, maupun orang tua. Di bidang usaha ke arah feminin ataukah maskulin, bersifat fun maupun serius.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, usaha kecil dan menengah justru jauh lebih memerlukan sebuah logo perusahaan. Mengapa? Berikut adalah penjelasan singkatnya.

 

Baca selengkapnya DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.