Cara Setel Ulang Hp Android Tanpa Kehilangan Aplikasi

0
220
Hp Android
Setel ulang hp android tanap kehilangan aplikasi

Ketika hp android banyak digunakan maka banyak juga sampah-sampah atau cache data yang tersimpan didalam memori, sehingga bisa menyebabkan smartpone android menjadi lemot apalagi jarang membersihkan sampah-sampah dari aplikasi yang berjalan.

Penyebab utama hp android lemot antara lain :

  1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall dan salalu berjalan (solusinya hapus aplikasi yang tidak penting dan memakai aplikasi yang rendah ukuran seperti fb lite)
  2. Menumpuknya sampah-sampah atau cache aplikasi yang berjalan (solusinya instal aplikasi penghapus sampah terbaik atau buka pengaturan > manager aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache.)

Itu penyebab utamanya. sekarang bagaimana cara menyetel ulang hp android seperti baru lagi ?

Secara default hp yang telah di setel ulang akan mengalami kehingan aplikasi yang ada sebelumnya, data-data seperti nomer hp juga akan hilang jika penyimpanan di memori internal. Namun anda bisa menggunakan cara yang cerdik sehingga akan aman-aman saja walaupun aplikasi terhapus semaua.

Sebelum melangkah menyetel ulang perlu anda siapkan terlebih dahulu :

  1. Backup nomor hp yang tersimpan di memori internal
    Caranya, buka menu kontak > opsi > impor/ekspor > ekspor ke penyimpanan eksternal > ok
  2. Backup data chat whatsapp.
    Caranya buka aplikasi whatsapp > opsi (titik tiga) > setelan > Chatting > cadangkan chat > setelan google drive > harian > pilih akun > cadangkan
  3. Backup aplikasi
    Caranya menggunakan aplikasi pihak ke tiga, anda bisa menggunakan aplikasi App Backup & Restore (unduh)
    Buka aplikasi app backup & restore > pilih aplikasi untuk dibackup > Backup > Done
    Hasil salinan aplikasi / backup-an berada di memori internal anda harus memindahkannya ke memori eksternal. Selain menggunakan aplikasi app backup & restore itu anda bisa menggunakan aplikasi yang sejenisnya.

Selanjutnya ke pengaturan untuk menyetel ulang

*) Buka menu setelan > buat cadangan & setel ulang

Hp Android
Ketuk gambar untuk memperbesar

Pada cadangkan data saya (tanda segitiga) anda boleh memilihnya atau tidak, karena jika memilihnya nanti hp tidak akan seperti baru lagi, karena masih bisa mengembalikan data yang dulu seperti data aplikasi, setelan-setelan, kata sandi wifi, dan akan tetap menjadi beban memori nantinya. Oleh karena itu lebih baik disable saja.

Hp Android
Ketuk gambar untuk memperbesar

Seperti gambar diatas Anda jangan memilihnya atau biarkan saja jangan di centang, karena akan kehingan data di kartu SD atau memori eksternal. Langsung saja setel ulang telepon. dan tunggu sampai proses selesai dan hidup kembali kemudian isi data kepemilikan hp seperti baru beli.

Kalau sudah semua diisi anda menuju setelan / pengaturan > keamanan > centang sumber tidak dikenal

Hp Android
Ketuk gambar untuk memperbesar

Selanjutnya menuju penyimpanan berkas / memori eksternal, cari aplikasi yang sudah dibackup tadi dan buka / instal.

Setelah itu buka file backup-an nomor-nomor hp yang tersimpan di memori eksternal tadi. Anda buka dan pilih penyimpanan memori/akun google yang sudah ada.

Penutup

Dengan cara diatas anda tidak ada kehilangan aplikasi dan data penting setelah disetel ulang hp android anda. cara ini memang ada sebagian orang bilang ribet, karena belum terbiasa, tetapi kalau sudah terbiasa atau mau mencobanya pasti akan mudah dan tidak takut kehilangan data pentingnya.

Terima kasih sudah membaca postingan ini semoga bermanfaat. mohon maaf bisa ada kesalahan, anda bisa bertanya tanya seputar postingan diatas melalui kolom komentar. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.